GEO Wacana

Ngangsuh Kaweruh

ROCK CYCLE / SIKLUS BATUAN

oum_rock.gifrock_cycle.jpgSebelumnya kita sudah tahu bahwa di bumi ada tiga jenis batuan yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. Ketiga batuan tersebut dapat berubah menjadi batuan metamorf tetapi ketiganya juga bisa berubah menjadi batuan lainnya. Semua batuan akan mengalami pelapukan dan erosi menjadi partikel-partikel atau pecahan-pecahan yang lebih kecil yang akhirnya juga bisa membentuk batuan sedimen. Batuan juga bisa melebur atau meleleh menjadi magma dan kemudian kembali menjadi batuan beku. Kesemuanya ini disebut siklus batuan atau ROCK CYCLE.

 weathering.jpgSemua batuan yang ada di permukaan bumi akan mengalami pelapukan. Penyebab pelapukan tersebut ada 3 macam:

  1. Pelapukan secara fisika: perubahan suhu dari panas ke dingin akan membuat batuan mengalami perubahan. Hujan pun juga dapat membuat rekahan-rekahan yang ada di batuan menjadi berkembang sehingga proses-proses fisika tersebut dapat membuat batuan pecah menjadi bagian yang lebih kecil lagi.
  2. Pelapukan secara kimia: beberapa jenis larutan kimia dapat bereaksi dengan batuan seperti contohnya larutan HCl akan bereaksi dengan batu gamping. Bahkan air pun dapat bereaksi melarutan beberapa jenis batuan. Salah satu contoh yang nyata adalah “hujan asam” yang sangat mempengaruhi terjadinya pelapukan secara kimia.
  3. Pelapukan secara biologi: Selain pelapukan yang terjadi akibat proses fisikan dan kimia, salah satu pelapukan yang dapat terjadi adalah pelapukan secara biologi. Salah satu contohnya adalah pelapukan yang disebabkan oleh gangguan dari akar tanaman yang cukup besar. Akar-akar tanaman yang besar ini mampu membuat rekahan-rekahan di batuan dan akhirnya dapat memecah batuan menjadi bagian yang lebih kecil lagi.

erosion.jpgSetelah batuan mengalami pelapukan, batuan-batuan tersebut akan pecah menjadi bagian yang lebih kecil lagi sehingga mudah untuk berpindah tempat. Berpindahnya tempat dari partikel-partikel kecil ini disebut erosi. Proses erosi ini dapat terjadi melalui beberapa cara:

  1. Akibat grafitasi: akibat adanya grafitasi bumi maka pecahan batuan yang ada bisa langsung jatuh ke permukaan tanah atau menggelinding melalui tebing sampai akhirnya terkumpul di permukaan tanah.
  2. Akibat air: air yang melewati pecahan-pecahan kecil batuan yang ada dapat mengangkut pecahan tersebut dari satu tempat ke tempat yang lain. Salah satu contoh yang dapat diamati dengan jelas adalah peranan sungai dalam mengangkut pecahan-pecahan batuan yang kecil ini.
  3. Akibat angin: selain air, angin pun dapat mengangkut pecahan-pecahan batuan yang kecil ukurannya seperti halnya yang saat ini terjadi di daerah gurun.
  4. Akibat glasier: sungai es atau yang sering disebut glasier seperti yang ada di Alaska sekarang juga mampu memindahkan pecahan-pecahan batuan yang ada.

deposition.jpgPecahan-pecahan batuan yang terbawa akibat erosi tidak dapat terbawa selamanya. Seperti halnya sungai akan bertemu laut, angin akan berkurang tiupannya, dan juga glasier akan meleleh. Akibat semua ini, maka pecahan batuan yang terbawa akan terendapkan. Proses ini yang sering disebut proses pengendapan. Selama proses pengendapan, pecahan batuan akan diendapkan secara berlapis dimana pecahan yang berat akan diendapkan terlebih dahulu baru kemudian diikuti pecahan yang lebih ringan dan seterusnya. Proses pengendapan ini akan membentuk perlapisan pada batuan yang sering kita lihat di batuan sedimen saat ini. 

compaction.jpgPada saat perlapisan di batuan sedimen ini terbentuk, tekanan yang ada di perlapisan yang paling bawah akan bertambah akibat pertambahan beban di atasnya. Akibat pertambahan tekanan ini, air yang ada dalam lapisan-lapisan batuan akan tertekan sehingga keluar dari lapisan batuan yang ada. Proses ini sering disebut kompaksi. Pada saat yang bersamaan pula, partikel-partikel yang ada dalam lapisan mulai bersatu. Adanya semen seperti lempung, silika, atau kalsit diantara partikel-partikel yang ada membuat partikel tersebut menyatu membentuk batuan yang lebih keras. Proses ini sering disebut sementasi. Setelah proses kompaksi dan sementasi terjadi pada pecahan batuan yang ada, perlapisan sedimen yang ada sebelumnya berganti menjadi batuan sedimen yang berlapis-lapis. Batuan sedimen seperti batu pasir, batu lempung, dan batu gamping dapat dibedakan dari batuan lainnya melalui adanya perlapisan, butiran-butiran sedimen yang menjadi satu akibat adanya semen, dan juga adanya fosil yang ikut terendapkan saat pecahan batuan dan fosil mengalami proses erosi, kompaksi dan akhirnya tersementasikan bersama-sama. 

metamorphism.jpgPada kerak bumi yang cukup dalam, tekanan dan suhu yang ada sangatlah tinggi. Kondisi tekanan dan suhu yang sangat tinggi seperti ini dapat mengubah mineral yang dalam batuan. Proses ini sering disebut proses metamorfisme. Semua batuan yang ada dapat mengalami proses metamorfisme. Tingkat proses metamorfisme yang terjadi tergantung dari:

  1. Apakah batuan yang ada terkena efek tekanan dan atau suhu yang tinggi.
  2. Apakah batuan tersebut mengalami perubahan bentuk.
  3. Berapa lama batuan yang ada terkena tekanan dan suhu yang tinggi.

melting.jpgDengan bertambahnya dalam suatu batuan dalam bumi, kemungkinan batuan yang ada melebur kembali menjadi magma sangatlah besar. Ini karena tekanan dan suhu yang sangat tinggi pada kedalaman yang sangat dalam. Akibat densitas dari magma yang terbentuk lebih kecil dari batuan sekitarnya, maka magma tersebut akan mencoba kembali ke permukaan menembus kerak bumi yang ada. Magma juga terbentuk di bawah kerak bumi yaitu di mantle bumi. Magma ini juga akan berusaha menerobos kerak bumi untuk kemudian berkumpul dengan magma yang sudah terbentuk sebelumnya dan selanjutnya berusaha menerobos kerak bumi untuk membentuk batuan beku baik itu plutonik ataupun vulkanik. 

extrusive.jpgKadang-kadang magma mampu menerobos sampai ke permukaan bumi melalui rekahan atau patahan yang ada di bumi. Pada saat magma mampu menembus permukaan bumi, maka kadang terbentuk ledakan atau sering disebut volcanic eruption. Proses ini sering disebut proses ekstrusif. Batuan yang terbentuk dari magma yang keluar ke permukaan disebut batuan beku ekstrusif. Basalt dan pumice (batu apung) adalah salah satu contoh batuan ekstrusif. Jenis batuan yang terbentuk akibat proses ini tergantung dari komposisi magma yang ada. Umumnya batuan beku ekstrusif memperlihatkan cirri-ciri berikut:

  1. Butirannya sangatlah kecil. Ini disebabkan magma yang keluar ke permukaan bumi mengalami proses pendinginan yang sangat cepat sehingga mineral-mineral yang ada sebagai penyusun batuan tidak mempunyai banyak waktu untuk dapat berkembang.
  2. Umumnya memperlihatkan adanya rongga-rongga yang terbentuk akibat gas yang terkandung dalam batuan atau yang sering disebut “gas bubble”.

intrusive.jpgBatuan yang meleleh akibat tekanan dan suhu yang sangat tinggi sering membentuk magma chamber dalam kerak bumi. Magma ini bercampur dengan magma yang terbentuk dari mantle. Karena letak magma chamber yang relatif dalam dan tidak mengalami proses ekstrusif, maka magma yang ada mengalami proses pendinginan yang relatif lambat dan membentuk kristal-kristal mineral yang akhirnya membentuk batuan beku intrusif. Batuan beku intrusif dapat tersingkap di permukaan membentuk pluton. Salah satu jenis pluton terbesar yang tersingkap dengan jelas adalah batholit seperti yang ada di Sierra Nevada – USA yang merupakan batholit granit yang sangat besar. Gabbro juga salah satu contoh batuan intrusif. Jenis batuan yang terbentuk akibat proses ini tergantung dari komposisi magma yang ada. Umumnya batuan beku intrusif memperlihatkan cirri-ciri berikut:

  1. Butirannya cukup besar. Ini disebabkan magma yang keluar ke permukaan bumi mengalami proses pendinginan yang sangat lambat sehingga mineral-mineral yang ada sebagai penyusun batuan mempunyai banyak waktu untuk dapat berkembang.
  2. Biasanya mineral-mineral pembentuk batuan beku intrusif memperlihatkan angular interlocking.

Proses-proses inilah semua yang terjadi dimasa lampau, sekarang, dan yang akan datang. Terjadinya proses-proses ini menjaga keseimbangan batuan yang ada di bumi.

Referensi :

About these ads

February 19, 2008 - Posted by | GeO

101 Comments »

  1. SlaM Koenal

    Aq_ mo Ucapin makacccihh BoAenget dengan informasi_na
    mmmm..apa lgi ya?
    klo’ da situs nyang baru kasih tau lewat e-mail
    _q ya

    KoE tunGGu Looooh
    ByE!!!!!!!!!!!!!

    Comment by erlina_cooL,,hee! | March 25, 2008 | Reply

  2. Assalamualaikum,,
    Thanks ya,,udah ngebantu aku ngasih bahan tuk buat karya ilmiah.
    oo..ya,mencari bahan kaya’ gini dari mana sih?ya..itung-itung untuk nambah ilmu pengetahuan ku
    tunggu lo jawabannya

    +:kirim ke e-mailku

    Comment by dHew3R**Keci' | March 25, 2008 | Reply

  3. Thankz,,,thANKz,,,tHANKZ,,,,KArya ILmiahKU selesai NIh,,,,,mnakasiH bgT yA,,,

    Comment by SIZTA_mut | March 25, 2008 | Reply

  4. tengkyuuu ya tas data-datanya…

    bermanfaat buanget buat gue

    Comment by liedea | April 4, 2008 | Reply

  5. Ass.

    Waduh, thx bgt lho bwt infox di website nie, cz lengkap bgt.

    Soalx Qjg mw ikt OSN kebumian,jd info2 di sini mmbnt bgt.

    Skali lg makasih y bwt infox.

    Wass…..

    Comment by cz_dyne | April 4, 2008 | Reply

  6. Assalammualaikum, plus salam kenal ^_^
    trims atas info di website nya. Proses pembentukan batuannya lngkp. So, kalau bisa ada yang lebih detail lagi mengenai jenis batuan tertentu.
    Klu ada yg baru kirim ke email qt ya.
    Wass……….

    Comment by Tita | April 5, 2008 | Reply

  7. assalamu’alaikum
    arigatou… tugas ku terbantu.. ^-^
    nuhun sekali…..

    Comment by Dshe_asuka | April 6, 2008 | Reply

  8. hatur nuhun nya tugas abi kabantuan meskipun masih ga lengkap tapi terimakacich yupz guyz…………
    nyampe abi pararusinx,,,,,,,,,,,,,,tp nyantei lakh

    Comment by chien | April 7, 2008 | Reply

  9. Makasih yaaa…., untuk infonya yang sangat berguna bagi anak saya…. semoga makin banyak info-info yang berguna bagi siapapun….

    Comment by Mila | May 13, 2008 | Reply

  10. tolong di sertakan juga daerah pembentukannya…makasih

    Comment by tito | May 27, 2008 | Reply

  11. Somehow i missed the point. Probably lost in translation :) Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Tensive!

    Comment by Tensive | June 19, 2008 | Reply

  12. i think this website not complete

    Comment by botan | August 1, 2008 | Reply

  13. tqs bed bwad website nyahh…

    Comment by someone | August 11, 2008 | Reply

  14. Thanks . . . Thank’s alot dech!!! :)

    Comment by Belle | August 27, 2008 | Reply

  15. Thanks infonya bisa muasin prend” q!

    Comment by Belle | August 27, 2008 | Reply

  16. Seven-C spenesa-kediri ngucapin thx dech!!! :)

    Comment by Belle | August 27, 2008 | Reply

  17. tenkyu very much,,,infony…temnq pd gMpang ngerJain tugSny!!
    ARIGATO nE!!!:)

    Comment by yuuhi | August 27, 2008 | Reply

  18. thenks bngt bwt artikelx yg oke!!!!!!!!!!

    Comment by TemArI | August 27, 2008 | Reply

  19. Waduh…waduh…
    Yang ni sangat membantu bwt olimpiade…
    Makasih banyak ya…
    Banyak orang tertolong dengan artikel ni….
    Thnx..thnx..thnx…bgt….

    Comment by Isaj | September 9, 2008 | Reply

  20. bagus………………. keren……………..
    asik………………….
    buat tugas sedimentologi dr pa Billy….
    Geologi..geologi…geologi…

    Comment by Sukma | September 18, 2008 | Reply

  21. gw smpet stress nyari bahan buat persentasi gw…
    treuz… gw nemu website ini…
    gile cing ini website jd dewa penyelamat gw…
    jasa-jasa mu gakan gw lupa seumur hidup gw… thx..

    Comment by Dimas'05 | September 18, 2008 | Reply

  22. teuing ah…..

    Comment by luthfi harisan geo'05 | September 19, 2008 | Reply

  23. makaciiiiii omz..
    cari sana sini ternyata da nichh..
    permisiiiiiiii

    Comment by MuniX | September 20, 2008 | Reply

  24. yo yo yo dis website is da best its elped me a r8 lot luvin it olo

    Comment by Polly yo yo shnizen hisen | October 10, 2008 | Reply

  25. thanks bget ya..
    tugas gw bsa selesai deh,..
    berkat situs ini..

    terus maju kawan…

    Comment by fiki | October 25, 2008 | Reply

  26. Thank’s bgt deh buat website ini…
    cz udah bantu aku bwt nyari bahan tugas kuliah ttg batuan

    S x lagi makasih banyak yaw..

    Comment by sanji_the_women_lover | October 27, 2008 | Reply

  27. duhh gw ada pr geografi nih susah gilaaa nomor 5 bagian B itu tentang siklus batuan loh

    Comment by Hai | October 27, 2008 | Reply

  28. helllllllllllllllllooooooooooowwwwwwwww ang papangit nio………………………………………

    Comment by kisses | November 23, 2008 | Reply

  29. omg what are they all saying lol

    Comment by aiel | December 15, 2008 | Reply

  30. terimakasih atas infonya mas.

    Comment by aipu | December 15, 2008 | Reply

  31. are you crazy! i donot even know what your talking about!
    @!@#$$$^%^&****%$#@@#@$$%

    Comment by tiffany | December 19, 2008 | Reply

  32. Assalamuailaikum…

    Yen Dari Fakultas teknik Pertambangan Nie…

    boleh Ga… Info tentang Batuan di Perbanyak Lagi… dan Teori Tentang PEnambangan Yach…

    di Tunggu….

    Comment by fuji | December 27, 2008 | Reply

  33. o… iya 1 lagi… pLEs…
    foto batuan,
    batuan beku, batuan Sedimen, dan Metamorf ych….

    Comment by fuji | December 27, 2008 | Reply

  34. wah, artikelnya bagus2..

    thanks..
    UNSOED 07

    Comment by Zulfikar Basyuni | January 5, 2009 | Reply

  35. asw.aduh mkasih banget ya atas informasinya. coz gue butuh banget informasi ne.thanks bangetz y……

    Comment by Annisa | January 7, 2009 | Reply

  36. thanks banget yach…..dg bca info nich,Udah lyeza bwt ngerjaen mklh,

    Comment by lyeza | January 13, 2009 | Reply

  37. thx bgt nih.. pr geografiku selese deh! =D

    Comment by RedFox | January 20, 2009 | Reply

  38. duhh,, yhx buangeett iaa…
    akhirna tgas geo aq clcaii..

    Comment by olivia | January 22, 2009 | Reply

  39. asyiiiiiiiiik

    Comment by rosickyn | January 30, 2009 | Reply

  40. Nanya dunk!
    Kalo proses lengkap keluarnya magma ke permukaan bumi apha sih?
    Tolong jawab yha untuk tugaz IPS …
    Trima kasih banyak,,,^^

    Comment by Ditya | February 6, 2009 | Reply

  41. mau tanya klasifikasi n jenis magma itu apa y?

    Comment by iren | February 7, 2009 | Reply

  42. h4!..4q nezya…
    4q cma4 mo tNy eMg gMna cI meKanismE peCahnyA bAtU mNjDi uKraN yG Lb!h kEciL kArena teKanan a!r dAn tIupan aNg!n??
    mAkas!h…..

    Comment by Nezya | March 3, 2009 | Reply

  43. tlong krimkan artkel ttg sistem kristal.makasih

    Comment by aladin | March 4, 2009 | Reply

  44. assalamualaikum
    yang ada udah bagus banget ko.

    Comment by yeni | March 19, 2009 | Reply

  45. Thanks alot guys, tugasku geologi terbantu artikel ini. smoga terhitung jd amal ya. slam kenal juga.

    Comment by Edy Wastu | April 26, 2009 | Reply

  46. assalamualaikum
    penjelasan tentang siklus batuannya bagus.

    saya mau nanya tentang tekstur dari batuan metamorf yaitu: sekis, gneis, slate, dll tolong jelaskan ya????

    Comment by batara | June 4, 2009 | Reply

  47. thx bngt buat infonya
    klo ada info lg ttg ini n sekilas sains
    tolong di email ya
    aq tunggu y !!!

    Comment by WhiTeAngeLzz | July 29, 2009 | Reply

  48. gomawo~~~
    thanks banget yya artikelnya, aku lagi persiapan seleksi osn.
    jadi artikel ini bisa jadi bahan pembelajaranku.
    thx ya.

    Comment by adel gyoo | September 5, 2009 | Reply

  49. makasih ya dengan ini aku jadi bisa buat pr kalo tidak nanti aku ngaak bisa ikut ulangan geografi!

    Comment by gabriella jessica | September 25, 2009 | Reply

  50. thanks bgt tgs ipsku jdi lengkap:)

    Comment by Pamela Aprilia | September 28, 2009 | Reply

  51. terima kasih yaa jadi aku bisa buat PR

    Comment by valdi | September 28, 2009 | Reply

  52. matur nuwun sanget…..
    bantuan anda begitu berharga….
    saya terharu….

    Comment by jae anag laut | October 4, 2009 | Reply

  53. Q lg mw terjadinya erosi yaa
    please tp g tu ja ad tempt kejadian, waktu kejadian, penyebab kejadian, cara penanggulannya itu aja kk maaf ya q agk cerewet
    !!!!!!

    Comment by nabila | October 15, 2009 | Reply

  54. urmmmm bole ka tmbh lg pasal batuan metamorf~~~ sy lansung tidak faham pasal batuan metamorf~~~ thanks a lot to all writers~~~

    Comment by mira | October 21, 2009 | Reply

  55. Kok ssah ya cri cntoh gmbar pelapukan???????ksh tw dwonk crnya,.Thank’s……

    Comment by iZuNk | October 23, 2009 | Reply

  56. e…lain kali tu kasih data yang jelas

    Comment by loinenak | November 2, 2009 | Reply

  57. haiiiiiiiiiiiiiii
    pa kabar cox???

    Comment by cahy00 | November 4, 2009 | Reply

  58. pelapukan-ny gk jelas keterangan maupun gambar-ny

    Comment by stevani pingkan sayouw | November 20, 2009 | Reply

  59. aLhmdullilah,,,,da website ni…lux eng aq g bsta ngerjaend tugas driw ustadzah quw,,,,cihuy….thanx ea dgn infonw….

    Comment by zhalma nagMudst | December 3, 2009 | Reply

  60. mas, kalo seandainya ada data/tulisan tentang geology lacustrine di thailand dan carbonat diforearc bolehlah mas sharing2 di blog atau via japri (eisakti@yahoo.com) atau milis geologitrisakti ^^

    Comment by Herry | December 4, 2009 | Reply

  61. arigat0u g0zaimatsu…
    tas inf0 na

    d0uz0 yurisikuu!!!………………..

    Comment by rima h0lmes | January 19, 2010 | Reply

  62. kasih tau info lainnya dong…
    makasih inponya
    bermanfaat banget !!

    Comment by pusink | January 25, 2010 | Reply

  63. hkur

    Comment by isan | January 29, 2010 | Reply

  64. Tx…..cones

    Comment by soil | February 2, 2010 | Reply

  65. menurut saya kurang lengkap, menyebabkan PR saya kurang maximal nilainya.

    Comment by bajil | February 12, 2010 | Reply

  66. wah,..,ni bgus ni bwat refrensi,..,
    tp keterangannya krang terprinci.,.,

    Comment by ardhi | February 14, 2010 | Reply

  67. terima kasih…maz..infonya berguna buanget buat makalah saya

    Comment by black_nvc | February 26, 2010 | Reply

  68. wew, tengkiu so much
    akhirnya bisa ngerjain laporan pake bahan diatas
    save bay this article!!! :))

    Comment by mervmevrmrveermvmer | April 10, 2010 | Reply

  69. [...] Siklus batuan dalam konsep tektonik lempeng [...]

    Pingback by Olimpiade Kebumian International Earth Science Olympiad (IESO) | Geosains's Blog | July 15, 2010 | Reply

  70. brader … ijin nyedot yah…

    pasti deisertain sumbernyah

    tengky

    Comment by alif | July 19, 2010 | Reply

  71. uuuuu kerewn eah infona!!!!!!!!!ku tertarik bangets lowh ma geologi hehehehehe

    Comment by nunu | August 13, 2010 | Reply

  72. makasie ya..
    terus terang sekarang aku lagi belajar siklus batuan n di suruh buat peta pikiran..
    mungkin ini bermanfaat juga..thanks ya..

    Comment by evelyn | August 26, 2010 | Reply

  73. wawww mantap bisa piuntar lagi aku niii

    Comment by gandhi ko mohta | September 8, 2010 | Reply

  74. wwwwwwwwwwwwwwwwwwww gambar animasinya lucu bangetssssssssssssssssssssss!!!!!!!!!!!!!!!

    Comment by gambar animasinya da masuk aklnya sih | November 4, 2010 | Reply

  75. horok…..

    Comment by kacang polong | November 10, 2010 | Reply

    • wew -_-

      Comment by kacang polong | November 10, 2010 | Reply

  76. terimakasih, pahala yang besar akan segera menimpa anda

    Comment by pangeran kebaikan | November 15, 2010 | Reply

  77. thanks a lot…it is relly usefull for us…

    Comment by andy | January 10, 2011 | Reply

  78. Thanks . . . . . . . .bangetsssssss . . . ya. . . . .ya. . . . . .

    Comment by Riya | January 14, 2011 | Reply

  79. thank’s bgt informasi na..
    skarang tugas q slesai….
    maksi bnyk..

    Comment by risma | January 14, 2011 | Reply

  80. thx gan infonya :cystg

    Comment by kaskuser | February 7, 2011 | Reply

  81. akhirnya ketemu juga artikel ini, terimakasih banyak. Bisa bantu dala pengerjaan tugas….
    semoga jadi pahala… :D

    Comment by tukang instal | May 26, 2011 | Reply

  82. duhhh lg cari nihhh apa yg dimaksud dengan ekstrusif???? huhuhuhuhu gk ketemu2

    Comment by Apa aja boleh | June 5, 2011 | Reply

  83. aku lg belajar batuan nehh

    Comment by Apa aja boleh | June 5, 2011 | Reply

  84. sumpah, ini lengkap trus menarikbuat dibaca.
    thanks

    Comment by rere | June 15, 2011 | Reply

  85. apaan coba’

    Comment by tai | July 28, 2011 | Reply

  86. thanks yach…
    walau agak kepanjangan buat tugas q…

    Comment by elisa | September 7, 2011 | Reply

  87. bagus buat tugas geografi

    Comment by Novita Lesyani | September 18, 2011 | Reply

  88. thanks swangat~
    tugas aq jd cepat kelar a~

    Comment by Abot Erdi | October 4, 2011 | Reply

  89. Ma kasih infonya bagus sekali nambah ilmu, kalau ada yang baru kasih tau yah di emailku

    Comment by Rian Safari | December 3, 2011 | Reply

  90. wahahaha boleh juga nih buat pemblajaran untuk sma !

    Comment by kalau boleh tau kenapa yah? | January 12, 2012 | Reply

  91. sangat lengkap,, terima kasih..

    Comment by Tips Simple | March 19, 2012 | Reply

  92. thanksss,
    sangat amat membantu, bgt

    Comment by Qie Indah 'Salvera | March 27, 2012 | Reply

  93. mmm.

    kurang afdol ahh kalo gak observasi langsung :)

    Comment by fariani hamid | April 9, 2012 | Reply

  94. thankssss ……
    sangat-sangat membantu

    Comment by Rezha hanafi | October 6, 2012 | Reply

  95. mkaasieecch ycch…akhrnya tgas aku selesai jgaa….hehehe;)

    Comment by imay | January 30, 2013 | Reply

  96. najis yang coment alay semua

    Comment by bimbim | November 27, 2013 | Reply

  97. ngebantu bgt

    Comment by dianredita | December 7, 2013 | Reply

  98. ,,,,,tHanks……ataz artikelnya.,.,..
    ,,,,akHirnya aq bisa ngerjain tuGas laporan qw……,

    Comment by yoEL | December 11, 2013 | Reply

  99. Smkin bnyk dh mngethui ap
    Yg tdk kita thu
    Oc!!!

    Comment by irma | January 14, 2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: