GEO Wacana

Ngangsuh Kaweruh

GEMPA LAGI di BENGKULU (Pengulangan gempa 12 September 2007 ?)

Pada saat sedang melihat-lihat blog yang lama ditinggalkan tiba-tiba terkejut dengan update daily dari USGS tentang gempa. Recent earthquake ada di Bengkulu dengan kekuatan 5.5 yang relatif lebih kecil dari gempa sebelumnya. Setelah melihat episenter yang ada di map, ternyata episenter gempa yang baru saja terjadi tidak begitu jauh dari episenter gempa yang terjadi tanggal 12 September 2007. Kejadian gempa yang baru saja terjadi mengingatkan kita akan gempa yang pernah terjadi di Solok bulan Maret 2007.

Kedua gempa yang terjadi di atas baik itu di Bengkulu dan di Solok sama-sama memperlihatkan titik episenter yang berdekatan dengan gempa yang sebelumnya terjadi di daerah itu. Kalo gempa yang terjadi di solok merupakan pengulangan dari gempa yang pernah terjadi tahun 1926 maka gempa yang baru saja terjadi di Bengkulu adalah kemungkinan besar juga merupakan pengulangan dari gempa yang terjadi tanggal 12 September 2007 kemarin walaupun kekuatannya lebih kecil. Kedalaman dari gempa yang juga hampir sama dengan gempa sebelumnya menandakan gempa yang baru saja terjadi besar kemungkinan merupakan bagian dari segmen Bengkulu.

Kalo gempa Solok terjadi akibat pergerakan ke kanan dari patahan Semangko yang melintas dari Aceh sampai Lampung, maka gempa yang terjadi di Bengkulu ini terjadi akibat patahan naik (thrust faulting) pada daerah transisi dua lempeng yaitu Indian oceanic plate dan Eurasia continental plate. Kecepatan pergerakan lempeng India adalah sebesar 6cm/tahun ke arah  timurlaut  relatif terhadap lempeng Eurasia. Arah gerakan lempeng India tersebut oblique atau miring terhadap orientasi batas lempeng. Komponen pergerakan lempeng yang tegak lurus terhadap batas lempeng telah menyebabkan daerah yang terjadi gempa mengalami patahan naik sedangkan komponen pergerakan lempeng yang sejajar terhadap batas lempeng diakomodasikan oleh patahan-patahan mendatar yang ada di daerah gempa.

September 24, 2007 - Posted by | GeO

4 Comments »

  1. kalo nurut gue gempa yang terjadi di indonesia akibat manusia itu sendiri karena telah pada tuhan

    Comment by asroy benny harahap | October 2, 2007 | Reply

  2. Salam kenal… saya sependapat , posisi geograffis dan geology kita memang terletak dizona-zona tumbukan sehingga proses gempa tektonik, vlkanik, sunami , longsor uadah dari bawaanya , mungkin tinggak management pra bencana dengan sistem untuk pendeteksian. Baravo sukses selalu.

    Comment by eko susanto | November 9, 2007 | Reply

  3. Asalamualaikum wr wb kalau di lihat dari letak lempeng Indonesia benar2 beresiko gempa dan tsunami

    Comment by aldyan hafidzi wattimena | January 31, 2010 | Reply

  4. Jangan ada lagi deh, saya berharap tidak ada gempa dan musibah apapun yang menimpa saudara kita

    Comment by Jefry | April 24, 2012 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: