GEO Wacana

Ngangsuh Kaweruh

HIGH-RESOLUTION COASTAL RELIEF MODELS FOR TSUNAMI

myrtle_beach_pers_lrg.jpg Beberapa ilmuwan yang tergabung dalam NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) National Geophysical Data Center dan Cooperative Institute for Research in Environmental Sciences dalam beberapa waktu ini telah melakukan penelitian dan membuat beberapa model dari bentuk myrtle_beach_mapview_lrg.jpgtopografi atau relief pantai dengan resolusi yang sangat detail. Kedua kantor ini terletak di Boulder – Colorado, USA (hmmmm jadi inget waktu main ski dengan teman-teman konsorsium di Colorado). Penelitian dan pembuatan model ini ditujukan untuk memberikan masukan-masukan yang bisa digunakan untuk mencegah atau mempersiapkan diri dari adanya bencana tsunami atau banjir yang disebabkan oleh badai yang banyak melanda wilayah pesisir selatan dan timur Amerika Serikat.

globe_dem.jpg Nah sudah berapa model yang telah dibuat dan bagaimana sih kenampakan dari model yang dibuat dengan resolusi yang tinggi ini? Beberapa model telah dibuat di pesisir barat dan timur Amerika Serikat dan ada juga model untuk daerah Hawaii dan Alaska.

tigs_hi4.jpgtigs_ak5.jpgtigs_wc4.jpgtigs_ec4.jpg

Model ini dinamakan Digital Elevation Models atau DEMs yang dibuat sedemikian khusus untuk memperbaiki prediksi akan adanya tsunami. DEMs ini dibuat mulai dari daerah dekat pantai yang mempunyai kedalam air yang cukup dangkal sampai ke arah daratan untuk membuat model yang sangat detail yang mewakili bentuk pantai. Beberapa DEMs yang telah selesai dibuat diantaranya adalah : Myrtle Beach, South Carolina; Cape Hatteras, North Carolina; Port San Luis, California; Dutch Harbor dan Sand Point, Alaska; dan San Juan dan Mayaguez, Puerto Rico.

dutch_harbor_pers_lrg.jpgdutch_harbor_map_lrg.jpg

portsanluis_perspective.jpgportsanluis_mapview_lrg.jpg

cape_hatteras_pers_lrg.jpgcape_hatteras_map_lrg.jpg

puertorico_dem.jpgpuertoricomap.jpg

Sistem-sistem ini dibuat sedemikian rupa untuk membantu membuat rencana-rencana penanggulangan bencana alam terutama tsunami dengan menggunakan data-data masukan yang sangat akurat. DEMs ini mewakili bentuk dari daerah pantai dalam skala yang sangat detail bahkan sampai dapat menggambarkan bentuk topografi sampai sekecil kurang lebih 30 meter. Data-data tersebut juga bisa dinaikkan sampai ke batas rata-rata permukaan air yang tinggi untuk menggambarkan model dari kejadian banjir yang sangat parah yang dapat melanda. Pada daerah-daerah di dekat pantai, tsunami sangat sensitif terhadap perubahan-perubahan yang sangat kecil dari dasar laut dan topografi daratan sehingga tsunami tersebut umumnya mempunyai ketinggian gelombang yang relatif bertambah pada saat menuju daerah pantai (karena semakin dangkalnya kedalaman air).

Berdasarkan informasi tersebut maka pengetahuan yang lebih baik akan bentuk topografi dari daerah pantai menjadi sangat penting untuk memprediksi lebih baik lagi bagaimana tsunami akan mempengaruhi daerah-daerah di sekitar pantai. Selain itu juga akan banyak membantu kita menentukan jalur-jalur penyelamatan yang dibuat berdasarkan model yang ada.Hmmm….coba di Indonesia bisa dibuat juga ya….saya yakin penduduk kita yang banyak tinggal di pesisir barat Pulau Sumatera, pesisir selatan Pulau Jawa, Bali, Lombok, Nusa Tenggara, Timor, Banda, Seram, pesisir utara Irian Jaya dan Sulawesi akan sedikit lebih tenang.  

Referensi :

October 18, 2006 - Posted by | GeO

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: