GEO Wacana

Ngangsuh Kaweruh

CARBONATE “CORAL ISLAND” PATTAYA vs METHAMORPHIC “FROGSTONE” HUA HIN

huahin_pattaya.jpgPada wacana sebelumnya telah disinggung bahwa batuan yang ada di bumi kita ini bisa dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf. Nah beruntung beberapa minggu yang lalu sebelum puasa kami ada kesempatan berkunjung kedua tempat di Thailand. Yang pertama ke PATTAYA di sebelah tenggara Bangkok dan yang kedua ke HUA HIN di sebelah barat daya Bangkok. Pattaya yang berjarak kira-kira 120 kilometer bisa ditempuh sekitar 1.5-2 jam lewat darat sedangkan Hua Hin ditempuh sekitar 2.5-3 jam lewat darat juga. Kedua tempat tersebut sangat unik baik dilihat dari segi geology maupun dari kealamiahannya daerah-daerah tersebut. Mari kita kupas satu persatu.

pattaya.JPGPattaya sangatlah terkenal dengan pantainya dan kehidupan malam atau night life nya. Mungkin buat yang masih bujangan asyik juga main kesini hehehehe…tapi ketika kami kesana kami lebih tertarik dengan satu pulau kecil yang terletak di sebelah barat pantai pattaya yang disebut Coral Island atau orang setempat sering menyebutnya Koh Larn dan berhadapan dengan pantai Jomtien.  Memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan speed boat untuk sampai ke Coral island ini.

koh_lan.jpgPulau ini terkenal dengan keasriannya dan tidak seramai pattaya area. Airnya yang jernih dan hijau kebiru-biruan mencerminkan bersihnya area sekitar dan memungkinkan berkembangnya terumbu koral. Ya……terumbu koral…….yang identik dengan batu gamping atau carbonate rock. Pada lingkungan dimana airnya yang bersih, tersedianya sinar matahari yang cukup, temperatur yang mendukung, dan banyaknya nutrient atau makanan memungkinakan koral untuk tetap dapat tumbuh berkembang. Alhasil kita bisa melihat indahnya kehidupan bawah laut di coral island ini. Adanya batu gamping di sepanjang pesisir pantai ini menghasilkan produk erosi berupa pasir putih yang menambah indahnya coral island. Dari sisi kealamiahannya, coral island dan pattaya adalah tempat yang menarik untuk melihat tenggelamnya matahari. What a beautiful sunset…… 

frogstone_huahin.JPGNah Hua Hin berbeda sekali dengan Pattaya. Pantai yang terletak di sebelah barat daya kota Bangkok ini terkenal dengan keasrian dan relatif lebih sepi dibandingkan pattaya. Kehidupan malam juga tidak begitu terlihat seperti di pattaya. Di Hua Hin juga terdapat tempat peristirahatan raja yang terletak di pinggir laut Gulf of Thailand. Yang membedakan disini adalah batuan-batuan sekitarnya yang lebih didominasi oleh batuan metamorf atau malihan yang membentuk bukit-bukit di sekitar pantai Hua Hin.

landscape_huahin.JPGDaerah Hua Hin sering disebut daerah igneous-metamorphic complex dimana sepanjang daerah tersebut banyak dijumpai intrusi-intrusi batuan beku dan bukit-bukit  metamorf. Ada satu tempat yang disebut Frogstone yaitu bukit yang terbentuk dari batuan metamorf dan bentuknya menyerupai katak.

huahin.jpgFrogstone ini terletak di daerah Kao Takaib di dekat Blue Wave area dan di atas bukit ini ada sebuah tempat pemujaan buddha dimana kita bisa melihat panorama Hua Hin sampai ke arah Cha Am (sebelah utara Hua Hin). Adanya batu schist yang termasuk dalam batuan metamorf di sepanjang pesisir pantai ini menghasilkan produk erosi berupa pasir putih kecoklatan yang bercampur pasir yang berwarna kehitaman hasil pelapukan dari mineral-mineral yang ada di batuan metamorf. Pasir-pasir ini terhampar di sepanjang pantai Hua Hin. Dari sisi kealamiahannya, Hua Hin adalah tempat yang menarik untuk melihat terbitnya matahari. What a beautiful sunrise…… 

Kalau dilihat dari sisi regional kedua pantai tersebut saling berhadapan akan tetapi keduanya mempunyai rekaman geology yang sangatlah berbeda. Di sisi barat dari Gulf of Thailand dimana Hua Hin terletak, batuan beku dan metamorf sangatlah dominan. Sedangkan di bagian timur dari Gulf of Thailand dimana Pattaya terletak, batuan sedimen terutama batu gamping sangatlah dominan.

Referensi :

  • Charusiri, P., Pongsapich W., Daorerk, V., and Vedchakanchana, S., 1992. Geology and 40Ar/39Ar geochronology of Pranburi Hua Hin igneous–metamorphic complex, south-central Thailand : Implication for tectonic evolution, in Charusiri et al. (eds.), Proceedings of the Technical Conference on Development Geology for Thailand into the Year 2000. Chulalongkorn University, Bangkok, December 1990 p. 110-120
  • Doddy sekeluarga

October 11, 2006 - Posted by | Geo Wisata

1 Comment »

  1. saya sudah beberapakali ke Pattaya, tapi belum sempat ke coral island. yang menarik untuk pengetahuan aja bahwa pariwisata mereka penuh dengan maksiat, tetapi pertujukan alcatraz nya bagus untuk dilihat bagaimana mereka mengemas hiburan bagi wisatawan. saya lebih suka makanannya semua enak (cari yang halal) dan kehidupan di sini ok saja, aman tidak ada ganguan mereka sangat menghormati turis. mereka pinter bikin duit kita keluar semuanya mereka sediakan. untuk pengetahuan silakan datang ke Pattaya ….

    Comment by risbon antoni | June 9, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: