GEO Wacana

Ngangsuh Kaweruh

Element dan Proses Dalam Pembentukan Hydrokarbon

migas.jpg Banyak orang bertanya-tanya bagaimana sih minyak itu terbentuk dan kenapa tidak semua tempat bisa punya jebakan minyak dan gas bumi? Jadi inget waktu dulu diceritain kalo di suatu tempat ada minyak bumi berarti dulu dinosaurus pernah tinggal dan mati disitu. Terus karena dinosaurus itu tertimbun dan mengalami peruraian maka berubahlah dinosaurus itu menjadi organik material dan akhirnya menjadi minyak bumi. Hmmmm…salah satu penjelasan yang masuk akal. Tapi kalo dipikir-pikir lagi kenapa cuma dinosaurus saja yang bisa jadi minyak gimana dengan yang lain???

Nah looohhh….mulailah kita berpikir lebih panjang lagi untuk bisa menjelaskan proses terbentuknya dan terjebaknya minyak dan gas bumi. Ada suatu analog yang bisa kita pakai untuk menjelaskan terjebaknya hydrocarbon. Seperti halnya membuat kue (sllluurrppp), sebelum kita bisa menikmati kue itu maka kita harus punya bahan dasar kue dan proses gimana membuat kue. Hal ini sama dengan minyak bumi, sebelum minyak terjebak maka kita perlu element atau unsur dan proses pembentuk minyak dan gas bumi. 

petroleum-system.jpg Element atau unsur minyak bumi bisa dibagi menjadi 5 bagian.

1. Batuan induk (Source): batuan yang mempunyai banyak kandungan material organik. Batuan ini biasanya batuan yang mempunyai sifat mampu mengawetkan kandungan material organik seperti batu lempung atau batuan yang punya banyak kandungan material organik seperti batu gamping.

2. Batuan penyimpan (Reservoir): batuan yang mempunyai kemampuan menyimpan fluida seperti batu pasir dimana minyak atau gas dapat berada di antara butiran batu pasir. Atau bisa juga di batu gamping yang banyak rongga-rongganya. Intinya batu yang punya rongga dan rongga-rongga ini terhubung satu sama lain.

3. Batuan penutup (Seal): batuan yang impermeable atau batuan yang tidak gampang tembus karena berbutir sangat halus dimana butiran satu sama lain sangat rapat. 

4. Migrasi (Migration): berpindahnya minyak atau gas bumi yang terbentuk dari batuan induk ke batuan penyimpan sampai dimana minyak dan gas bumi tidak dapat berpindah lagi.

5. Jebakan (Trap): bentuk dari suatu geometri yang mampu menahan minyak dan gas bumi untuk dapat berkumpul.

migration.jpg Proses juga tidak kalah pentingnya dengan unsur penyusun minyak bumi. Kalau kita punya unsur tapi proses tidak mendukung atau sebaliknya maka minyak bumi juga tidak akan terbentuk. Proses juga bisa dibagi menjadi 5 tahap.

1. Pembentukan (Generation): Tekanan dari batuan2 di atas batuan induk membuat temperatur dan tekanan menjadi lebih besar dan dapat menyebabkan batuan induk berubah dari material organik menjadi minyak atau gas bumi.

2. Migrasi atau perpindahan (Migration): Senyawa hidrokarbon (minyak dan gas bumi) akan cenderung berpindah dari batuan induk (source) ke batuan penyimpan (reservoir) karena berat jenisnya yang ringan dibandingkan air.

3. Pengumpulan (Accumulation): Sejumlah senyawa hidrokarbon yang lebih cepat berpindah dari batuan induk ke batuan penyimpan dibandingkan waktu hilangnya jebakan akan membuat minyak dan gas bumi terkumpul.

4. Penyimpanan (Preservation): Minyak atau gas bumi tetap tersimpan di batuan penyimpan dan tidak berubah oleh proses lainnya seperti biodegradation (berubah karena ada mikroba-mikroba yang dapat merusak kualitas minyak).

5. Waktu (Timing): Jebakan harus terbentuk sebelum atau selama minyak bumi berpindah dari batuan induk ke batuan penyimpan.

 Nah…..kalo semuanya ini terpenuhi maka kemungkinan besar kita bisa menemukan jebakan minyak atau gas bumi.

Referensi :

  • AAPG – www.aapg.org
  • Magoon, LB, and WG Dow, 1994, The petroleum system

September 1, 2006 - Posted by | GeO

25 Comments »

  1. ass. pak doddy, saya mau tanya tentang kimia bumi. khususnya tentang unsur-unsur penyusun bumi. seperti unsur Fe. saya pernah baca ada dua jenis unsur Fe ini, yaitu Ferri dan Ferro. saya mau tanya untuk mantel bumi yang paling banyak itu Ferri atau Ferro. sedangkan untuk Crust banyakan unsur Ferri atau ferro. dan apa alasan dan sebabnya. jug pada daerah laut banyakan unsur Ferri atu ferro. untuk jawaban dan penjelasannya saya ucapkan terima kasih

    Comment by doli | November 9, 2006 | Reply

  2. Wa’alaikum salam. Saya coba jawab sebisa saya ya mas maklum saya ini lulusan geologi bukan kimia hehehe. Memang benar iron ada yang disebut ferrous (Fe2+) dan ada pula yang disebut ferric (Fe3+). Sebenarnya Fe ada dimana-mana mulai dari inti bumi bagian dalam dan luar, mantle, bahkan di kerak. Di inti bumi, Fe ada bersama Nickel sedangkan di mantle Fe banyak terdapat bersama-sama Magnesium, Aluminium, Silicon, dan Oxigen. Perbedaan Ferrous dan Ferric ini selain dari berat jenisnya juga dari proses terbentuknya. Ferric yang berat jenisnya lebih ringan sedikit dibandingkan ferrous (5.24 gr/cc dan 5.7 gr/cc) terbentuk akibat oksidasi dari Fe dengan Oksigen sehingga sering dijumpai warna orange kecoklatan pada mineral ini (proses karat). Mineral ini sering disebut hematit. Kalo dibandingkan banyaknya, Ferrous banyak terdapat di mantle karena mineral ini belum banyak berinteraksi dengan oksigen dari atmosfer. Jadi semakin besar kemungkinan unsur Fe ini kontak dengan oksigen di atmosfer semakin besar pula kemungkinan kita jumpai Ferric. Demikian pula kondisi untuk di laut. Semakin jauh dari daratan (semakin dalam) semakin banyak dijumpai unsur ferrous (Fe2+). Semoga jawaban ini bisa membantu.

    Comment by doddys | November 10, 2006 | Reply

  3. jadi tambah ngerti, soalne jelas and ringkas, makasih pak!!!

    Comment by restoe | March 24, 2007 | Reply

  4. birmingham ford

    Comment by ShieLi | June 25, 2007 | Reply

  5. Pak Doddy yth,
    saya mau tanya nih…bolehkan ?
    Saya baru saja ngambil sampel minyak bumi dari enam (2880m, 2700m, 2500m, 1800m, 1200m, dan 1000m) kedalaman yang berbeda . MAsing-masing sampel saya analisa komposisinya. dari C1 sampai C12+. Ada yang menarik dari sampel2 itu. Makin deket ke permukaan kandungan CO2-nya makin tinggi. dari yang terkecil yaitu 2%(2880m) mole sampai terbesar 40% mole (1000m). Pertanyaan : mengapa bisa terjadi demikian ? darimanakah kandungan CO2 dalam sampel saya itu ?
    terima kasih.
    Gajah Oling

    Comment by gajah oling | July 4, 2007 | Reply

  6. kira-kira distribusi temperatur terhadap kedalaman ada pengaruhnya ngga?

    Comment by doddys | July 9, 2007 | Reply

  7. Pak Doddy yth.
    pak saya mau tanya tolong jelaskan salah satu formasi endapan minyak bumi di Indonesia dari awal ternentuk, proses, waktunya, dan tipe kerogen secara lengkap!!!
    terima kasih pak.

    Comment by bambang | November 20, 2007 | Reply

  8. Ass. Pak Doddy Yth.
    Saya mau tanya tentang salah satu formasi cadangan minyak yang ada di Idonesia. tolong jelaskan tipe endapan, umur, kejadian, tipe kerogen, proses terjadinya minyak di daerah tersebut, faktor-faktor lain yang mempengaruhinya secara lengkap!!!!!
    terima kasih Pak.

    Comment by bambang | November 20, 2007 | Reply

  9. makasiH paK!!!!!!!!

    daPet decH jawaban tugaz kuLiYah-ku,,,,,,,,,,,,,

    Comment by bow | November 20, 2007 | Reply

  10. Assalaamu’alaikum Pak Doddy

    Perkenalkan nama saya Aperta, pak. Saya mau minta tolong pak. Saya mau tanya tentang jenis pekerjaan di minyak dan gas bumi yang berhubungan dengan geologi atau dengan latar belakang pendidikan geologi. Juga dengan deskripsi pekerjaannya. Atau Pak Doddy bisa memberikan website yang berhubungan dengan pertanyaan saya pak. Terima kasih sebelumnya pak. Hatur Nuhun!

    Comment by aperta | February 1, 2008 | Reply

  11. assalamualaikum…mas doddy..
    pak saya mau tanya ttg teori organik dan anorganik dalam proses pembetukan minyak bumi ?
    sebelumnya terimakasih atas jawaban dr bapak..

    Comment by afrian | February 13, 2008 | Reply

  12. Wa’alaikum salam Wr. Wb.
    Teori organik dan anorganik dalam menjelaskan proses pembentukan minyak bumi memang menarik. Banyak orang berpendapat bahwa pembentukan minyak bumi berawal dari kehidupan organik (sisa-sisa kehidupan makhluk hidup jaman lampau). Teori ini lebih mudah dijelaskan karena dengan bertambahnya waktu proses peruraian dari fosil dapat berlangsung dan atom karbon dari fosil ini bereaksi dengan atom hidrogen untuk membentuk rantai2 carbon dan hidrogen yang dikenal dengan hidrokarbon. Di lain pihak, teori anorganik dapat lebih menjelaskan keberadaan minyak di lapisan Kambrium di daerah Middle East. Seperti kita tahu bahwa masa Kambrium belum banyak kehidupan yang terjadi. Jadi ada beberapa kasus dimana teori anorganik lebih bisa diterima tapi kita sepertinya masih tidak bisa terlepas dari teori organik yang hampir terbukti di seluruh dunia.

    Comment by doddys | February 19, 2008 | Reply

  13. pak,, saya mau bertanya.
    apa saja asal – usul minyak bumi dan mengetahui unsur – unsur yang ada di dalamnya

    Comment by monica maharani | March 12, 2008 | Reply

  14. pa mengapa batuan induk yang mengandung minyak bumi itukan batuan yang impermiabel cthnya batu serpih kenapa ko bisa mengakibatkan sampai minyak tersebut tersebut terbentuk dan bermigrasi kebatuan reservoir apakah ada suatu energi yang mendorong sehingga minya tersebut bisa berpindah dari batuan induk kelapisan pembawa pada tahap migrasi primer. tolong penjelasanya………..

    Comment by Ronald | March 12, 2008 | Reply

  15. pak…saya mau nanya. bisa bisa kasih tau referensi/jawab jg boleh.. mengenai tentang komposisi kimia batuan reservoar dan hubungannya dengan tiap sifat fisik batuan (porositas, k etc,) serta tentang fasies dari batuan tsb(mksdnya orthoquarts,arkose, shale,limestone biasanya terjadi ling pengedapn gimana?) makasih ya pak atas bantuannya…

    Comment by febdi | March 13, 2008 | Reply

  16. Thanks banyaknya ini atas tulisa-tulisannya. Saya guru di sebuah sma di jakarta.

    Comment by wangsa | March 21, 2008 | Reply

  17. pak sya mo tanya
    sifat dan karakteristrik senyawa hidrokarbon terhadap kualitas bahan bakar?
    apasih oxidation stabiliti dalm propertis BB ?
    apa sih hubungan stabilitas oksidasi BB thdp pembentukan deposit dlm fuel line dan ruang bakar ?
    yg terakhir nih he heh he pengaruh penggunaan oxigenat sbg bahan aditif pd BB?

    Comment by angga | April 22, 2008 | Reply

  18. ass. pak doddy, saya mau tanya:
    >sifat dan karakteristik lempung organik
    >perbedaan dengan tanah gambut dan tanah lempung secara umum
    >

    Comment by bhanie | May 12, 2008 | Reply

  19. pak saya minta data yang paling lengkap tentang pembentukan minyak bumi donk…untuk tugas kimia disekolah,makasih…

    Comment by Diyah | May 16, 2008 | Reply

  20. makasi ya pak infonya okeh banget buat bantuin nambah2 teori dasar tugas akhir saya,,,,TQ banget ya pak,,,

    Comment by dhini | November 8, 2008 | Reply

  21. assalam p doddy yang terhormat,
    di bangku SMA dulu disebutkan oleh guru saya bahwa minyak bumi itu terbentuk oleh pengendapan dari sisa2 makhluk hidup yang telah mati berjuta-juta tahun lalu. jadi, saya mau menanyakan sisa2 makhluk hidup apa yang diendapkan tersebut?
    apakah semua makhluk hidup yang telah terendapkan dalam waktu yang sangat lama akan membentuk minyak?

    terima kasih ya pak.

    Comment by Bayu Rahadi | December 2, 2008 | Reply

  22. assalam, pa doddy..
    saya baru baca blog pa doddy sekarang dan isinya bagus bgt buat saya yang lagi menuntut ilmu di jurusan geo-geo yang seperti ini.
    kalau tidak keberatan, mungkin pak doddy bisa menjelaskan tentang elemen proses petroleum system di indonesia, terutama di daerah north west java..terima kasih sebelumnya pak..

    Comment by isa | March 4, 2009 | Reply

  23. mengapa minyak bumi cenderung bisa berpindah? dan bagaimana proses perpindahannya sementara minyak bumi berada dalam lapisan batuan????tlg infonya dunks……????

    Comment by tia | October 14, 2009 | Reply

  24. Keren euy..

    Comment by eqcom | March 4, 2010 | Reply

  25. pak dody yth,,
    saya mau bertanya,, jelaskan perbedaan dari bahan bakar bensin dan bahan bakar diesel? dan apa akibatnya jika kita mengubah kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin menjadi diesel? terima kasih pak

    Comment by wulan | October 15, 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: