GEO Wacana

Ngangsuh Kaweruh

GEMPA BUMI di PADANG : MOVEMENT of SUMATRAN FAULT

usgs_padang.gifKalo dalam wacana sebelumnya kita membahas rekaman seismicity di Pulau Sumatera (http://doddys.wordpress.com/2006/12/20/menelaah-rekaman-seismicity-pulau-sumatera/) maka wacana kali ini ditujukan untuk membahas rekaman seismicity terakhir yang terjadi di Pulau Sumatera. Rekaman seismicity ini terjadi tepatnya kemarin pada tanggal 6 Maret 2007 dimana gempa bumi telah terjadi di Padang, Sumatera Barat tepatnya lagi di dekat Danau Singkarak.

dextral_sumatran.jpgLokasi dan mekanisme dari gempa bumi yang terjadi kemarin sangat konsisten dengan gempa-gempa yang terjadi sebelumnya di sekitar patahan Sumatra. Seperti kita tahu di Pulau Sumatera terdapat satu patahan yang sangat besar dan sangat panjang. Panjang patahan geser menganan (dextral strike slip fault) ini sampai sekitar 1900 km mulai dari offshore Andaman dan menerus ke tenggara ke provinsi Lampung. Patahan Sumatra ini sangatlah mudah dikenali dari foto udara, citra satelit, dan data-data lainnya. Dari foto udara yang saya dapat dari Google earth juga bisa kita prediksi dimana letak dari patahan tersebut. Letak dari patahan ini dapat dilihat dari kelurusan gunung api yang ada di Pulau Sumatra mulai dari Gunung Seulawah Agam di Aceh, Toba di Sumatera Utara, Gunung Marapi dan Talang di Sumatera Barat, Gunung Kerinci di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi, Gunung Sumbing, sampai Gunung Hulubelu di Lampung. Bahkan kelurusan danau juga menunjukkan adanya kesamaan letak dengan patahan Sumatra ini. Dimulai dari Danau Toba di Sumatra Utara, Danau Maninjau dan Danau Singkarak di Sumatera Barat, Danau Kerinci di Jambi, sampai Danau Ranau di Lampung.

eq_density_alldepths.gifDaerah yang dilalui patahan tersebut berpotensi besar terjadi gempa bumi baik itu dalam skala kecil maupun besar. Sepanjang sejarah yang tercatat, daerah yang dilalui patahan Sumatra paling tidak terjadi gempa bumi dengan skala 5 atau lebih sekali dalam setahun. Komponen dari pergerakan lempeng Australia dan lempeng Eurasia diakomodasikan dalam jumlah yang relatif besar oleh pergerakan patahan geser menganan dari patahan Sumatra.

intensity.jpgDalam gempa bumi yang terjadi kali ini di sekitar Danau Singkarak, episenter gempa yang terjadi ternyata di tepi sebelah barat laut Danau Singkarak. Gempa bumi yang lebih besar juga pernah melanda daerah tenggara dari episenter gempa bumi yang sekarang. Gempa yang terjadi pada tanggal 8 dan 9 Juni 1943 tersebut berskala 7.2 dan 7.5 dan terjadi dalam selang waktu 7 jam antara gempa pertama dan kedua. Skala 7.5 adalah gempa bumi terbesar yang terjadi di patahan Sumatra sejak akhir abad 19. Keunikan lagi yang ada dalam gempa bumi yang baru saja terjadi di Padang ini adalah terjadinya gempa bumi yang sama letaknya dan hampir sama skalanya pada tanggal 28 Juni 1926. Jadi dalam waktu sekitar hampir 81 tahun terjadi gempa bumi yang hampir sama skalanya dan hampir sama episenternya. Berikut adalah data-data yang didapat dari USGS:

Magnitude 6.3
Date-Time - Tuesday, March 6, 2007 at 05:49:28 (UTC)
– Coordinated Universal Time
- Tuesday, March 6, 2007 at 12:49:28 PM
– local time at epicenter Time of Earthquake in other Time Zones
Location 0.458°S, 100.524°E
Depth 30 km (18.6 miles) set by location program
Region SOUTHERN
SUMATRA, INDONESIA
Distances 60 km (35 miles) NNE of Padang, Sumatra, Indonesia
150 km (95 miles) SW of Pekanbaru, Sumatra, Indonesia
420 km (260 miles) SSW of KUALA LUMPUR, Malaysia
930 km (580 miles) NW of JAKARTA, Java, Indonesia
Location Uncertainty horizontal +/- 10.2 km (6.3 miles); depth fixed by location program
Parameters Nst= 74, Nph= 74, Dmin=>999 km, Rmss=1.37 sec, Gp= 40°,
M-type=moment magnitude (Mw), Version=7
Source USGS NEIC (WDCS-D)

sumatera2.jpgCoba kita lihat lebih dekat dimana dan bagaimana gempa bumi yang terjadi di Padang tersebut. Dalam foto udara yang saya dapat dari Google Earth terlihat bahwa episenter dari gempa terdapat di tepi sebelah barat laut Danau Singkarak. Sebenarnya gempa bumi ini juga berpotensi menimbulkan tsunami di sekitar Danau Singkarak. Kejadian yang sama juga pernah terjadi di Salt Lake – Utah dimana gempa bumi yang tejadi di sekitar danau mampu menimbulkan gelombang yang mampu menyapu daerah tepi danau sejauh lebih dari 50 meter.

depositionalsystem.jpgKeunikan yang juga dapat dilihat dari foto udara adalah adanya aliran sungai menuju danau yang letaknya hampir sama dengan letak patahan Sumatra. Aliran sungai yang menuju danau tersebut sepertinya dikontrol oleh adanya patahan Sumatra. Dengan adanya bukti tersebut menunjukkan bahwa daerah di sekitar sungai juga rawan terjadi bahaya tanah longsor yang besar kemungkinannya dipicu oleh pergerakan patahan Sumatra. Dan apakah terbentuknya danau Singkarak juga dikontrol oleh adanya patahan Sumatra yang dapat menciptakan suatu bentuk depresi dan akhirnya terbentuklah danau? Patahan San Andreas di California juga menunjukkan proses yang sama dimana patahan San Andreas tersebut dapat menciptakan bentuk depresi. Sepertinya semua bentuk-bentuk geologi yang ada di sekitar episenter baik itu sungai, danau, dan juga gunung api dikontrol oleh adanya patahan Sumatra yang melintas daerah tersebut.

Pergerakan patahan Sumatra ini merupakan manifestasi dari pergerakan lempeng Austalia yang menyusup ke dalam lempeng Eurasia dimana sebagian besar energi dari pergerakan lempeng-lempeng tersebut dipindahkan ke pergerakan patahan Sumatra. Pemindahan energi dari lempeng yang bertumbukan tersebut dimaksudkan untuk mengakomodasikan tumbukan bersudut (oblique convergent) dari lempeng Australia dan lempeng Eurasia.

Semua ini sebenarnya adalah proses-proses alam yang bisa kita dipelajari dan dapat pula dibuat rencana mitigasi untuk mencegah kejadian-kejadian buruk yang dapat terjadi akibat proses alam ini.

Referensi :

About these ads

March 7, 2007 - Posted by | GeO

55 Comments »

  1. alo….
    saya boleh bergabung kan ………
    ada yang punya buku geologi dasar ga ya…?
    kalau punya tolong diberi informasi dimana saya bisa membelinya…

    piss…………

    Comment by kelana | March 22, 2007 | Reply

  2. informasi bagus,terusin biar warga padang,sumatera Barat waspada

    Comment by animos | July 25, 2007 | Reply

  3. buku geology pling dasar…
    jdulnya “BATUAN DAN MINERAL”
    karangan Doddy Setia Graha”
    lumayan buat pegangan pas kuliahh

    Comment by Albit | August 10, 2007 | Reply

  4. assalamu’alaikum wr.wb.
    informasi yang bagus n menarik so mkin menambah pengetahuan qt ttg gempa n perkembangan sodara2 qt disana,mga qt diberi kesabaran n ketabahan dlm mghadapi ujian Nya,amiin

    Comment by tri | September 15, 2007 | Reply

  5. saya bunya bukunya,kalo kalian mau copy aja ya, serius l;ho

    Comment by fauzan | September 15, 2007 | Reply

  6. gempa ini bukanlah sebagai gejala alam semata seperti yang dikemukakan para ahli geologi, tapi lebih dari itu adalah teguran nyata dari yang menciptakan alam dan Yang memerintahkan gempa untuk manusia di suatu wilayah, akankah mereka kembali kepada fitrohnya yaitu beribadah kepada sang Khalik termasuk para ahli geologinya.

    Comment by salim | September 15, 2007 | Reply

  7. hai…………..

    menurut gua infonya bagus juga tp tlong d buatkan Foto udara sumatra beserta lokasi gempanya yang terbaru setiap harinya,
    lalu tolong jg tampilkan web yang bisa mencari lokasi dngan satelit yang dapat menunjukkan daerah dngan jarak min 0.3 Mil
    agar lbih menarik……
    atau tlong infonya d mana bsa d temukan yang demikian.
    thx…

    Comment by toni | September 19, 2007 | Reply

  8. baguuuuuuuuuuuuuuuuuuussssssssssssssssssssss infrmasinya bgs tp gambarnya harus rinciiii donggggggggx & selalu kasih informasi yg terbaru yaaaaaaaaaaaaaaaaccccccchhhhhhhhhhh
    okeeeeeeeeeeeeeeeeyyyyyyy

    Comment by gembel | September 23, 2007 | Reply

  9. infonya bagus tp gambarnya kurang jelas. kalau mau kasih tau setiap hari info terbaru tentang sumatra barat. aq mau seh dari Zaman perang jd supaya tau sumatra barat tuh jaman dulu kaya apa gitu ^^

    Comment by riska | September 25, 2007 | Reply

  10. bagus…tapi gambar bencana alamnya gak ada…mohon di tambahin!

    Comment by nana | January 10, 2008 | Reply

  11. kakak2 semua gimana nich liat poto udara kota medan caranya…

    Comment by satriadi | February 11, 2008 | Reply

  12. bagus banget, tapi rekaman gempanya ada nggak?? kalo nggak, mohon ditambahin

    Myspace Comments @ MyNiceSpace.com

    Comment by gham-lex | April 3, 2008 | Reply

  13. NiCeee BanGet….
    Bisa G lEnkapi lgi dengan video & data2 yang lebih Banyaj Lagi
    Trus Gimn Ya Caranya Kita bisa Tau Proses terjdnya & Pa Ja Yang TrJd
    Please Bn Tu YaCH…….
    ThankS YACh
    C_uuuu

    Comment by Mhi QuEE | June 4, 2008 | Reply

  14. klw bisa gmbrx di perbyk dan di sertai dengan data-data yang lengkap. tkank’s a lot of

    Comment by aisyah | March 31, 2009 | Reply

  15. Kenapa gempa sering terjadi….?????

    Comment by BUHING | August 16, 2009 | Reply

  16. Keep fight Buat Writer….

    Mas infonya berguna banget bagi kita jadi mudah2an ngak bosan aja demi negara dan bangsa …terus belajar ya mas…semoga anda jadi expert…

    Comment by maulana | September 2, 2009 | Reply

  17. Kenapa ya? Sekarang gempa bumi,tsunami,tanah Longsor dan Bencana yang Lainnya sudah terjadi di mana-mana??
    bahkan hampir Keseluruh dunia???!!! apakah ini tanda-tanda kiamat kecil?? atw ini tanda-tanda kiamat besar???
    semoga daerah yg sudah terjadi bencana alam akan Lebih mnjaLankan Perintah ALLAH S.W.T amien??

    Comment by putri | September 5, 2009 | Reply

  18. menurut kt brita nie tuh bgs bgt krn kt bs memplajari,plajaran yg tla dibrikan oleh ALLAH S.W.T

    Comment by nina&iin | September 7, 2009 | Reply

  19. hhhhhhuuuuuuuuuuuuu……….
    brita…….. nie………. tuh…. bguna……… bgt bwt kt tuh ………………….

    trim yach………….

    Comment by iin | September 15, 2009 | Reply

  20. Save.. save.. save.. Yang Tersirat atas Kuasa-Nya..

    Comment by Ir. Bagus Kuncoro | September 30, 2009 | Reply

  21. Gempaaaaaaaaaaaaaa ……..melulu ich….!!!!

    Comment by Rayzuka | October 1, 2009 | Reply

  22. bencana dimana-mana…gempa di Indonesia, tsunami di Solomon Islands, badai topan di Philiphina dan tempat-tempat lain..
    Apakah ini hanya bencana semata? Ataukah ada hal lain?

    Silahkan mampir diblog saya untuk menyimak persfektif lain dari sebuah bencana
    trims.

    Comment by deden | October 1, 2009 | Reply

  23. saya turut berduka cita atas terjadinya gempa di sumbar semoga tabah menghadapi cobaan ini

    Comment by yuda | October 1, 2009 | Reply

  24. tabah yach menghadapi cobaan dari yang maha kuasa dan ambil hikmahnya

    Comment by kevin | October 1, 2009 | Reply

  25. ewink turut berduka cita atas terjadinya gempa yang melanda saudara-saudara kita di padang dan sekitarnya…
    yang tabah yah saudara-saudara ku…

    Comment by ewink | October 1, 2009 | Reply

  26. manusia tak tau dengan dosa,alam mulai murka,politik memanas,alam mengganas.
    disaat ujian tiba semua mengingatnya,di saat alam diam mereka semuanya bertingkah seamaunya
    NOTONEGARA

    Comment by ogi | October 1, 2009 | Reply

  27. ucapan takziah untuk saudaraku di indonesia…. harap sabar menimpa dugaan..

    Comment by eddyzz | October 2, 2009 | Reply

  28. ya udalah pasarah aja emang allah gives us like this many events but not good event and i want to say just take it

    Comment by shila | October 2, 2009 | Reply

  29. for this allah also give us worst thing

    Comment by alia | October 2, 2009 | Reply

  30. and good thing so just take it

    Comment by alia | October 2, 2009 | Reply

  31. S’moga yang terkena bencana alam di Sumatra,Padang, diberi kekuatan dan ketabahan oleh Allah SWT.

    Mudah-mudahan ada yang ingin membantu melalui sumbangan..
    Aminn….

    Comment by aLia | October 2, 2009 | Reply

  32. keluarga saya belum dapat bantuan, dan tersentuh oleh sar. lokasi Batangkabung, pariaman sumbar. tolong segara di cek ke lapanagan

    Comment by tomi maulana | October 2, 2009 | Reply

  33. takhziah untuk yang terlibat. Banyakkan bersabar. Ini semua menunjukkan kebesartanNya. Pasti ada cahaya pada penghujung kegelapan…amin

    Comment by buanda | October 3, 2009 | Reply

  34. gempaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    wAw kAciaN bGt yE pAdaNg Kena gemPPPPPAaaaaaaaaaaaa

    dasyyaattttttttttttttttttttt

    Comment by isma | October 3, 2009 | Reply

  35. ikut berduka atas bencana gempa

    Comment by khamamah | October 3, 2009 | Reply

  36. Ass..
    Kebetulan keluarga Kami ada di Padang Pariaman dan Padang Panjang, Tapi Alhamdulillah Beliau tidak termasuk korban Gempa Tsb, Tapi tetap kami turut berduka cita kepada seluruh saudara-saudara yang terkena korban Gempa, Yang Meninggal semoga Allah SWT Mengampuni segala Dosanya, dan yang ditinggal semoga Diberikan KESABARAN dari Allah SWT. Amin

    Comment by Dadi Priatna | October 3, 2009 | Reply

  37. camiecum , , ,
    ak trut berdka cita atas bencana yg tlah terjadi di sumbar .moga di bri kesabarant ea ,,,,
    n klarga iank di tinggal kant sabar ea,tolong di percepat
    mkce ea ,,,,,,,,

    Comment by rama | October 3, 2009 | Reply

  38. ass,,,,
    tlong di tampilkan .korban yg tewas n yg luka lukaa

    Comment by rama | October 3, 2009 | Reply

  39. INILAH AZAB ALLAH

    Comment by assegaf | October 5, 2009 | Reply

  40. Anti Sholawat,Anti Maulid, Anti sunnah,Smoga engkau sadar Warga padang karna Allah Sangat sayang terhadap Rosulullah

    Comment by ASSEGAF | October 5, 2009 | Reply

  41. sy trut brduka cita,bwt warga sumatra yg menjadi korban gempa…sabar ya.Mungkin ini teguran dr tuhan bhwa qta harus menjadi manusia yg lbih baik lagi

    Comment by ambara | October 7, 2009 | Reply

  42. heboh nk ganyang malaysia..
    ni la balasannya..

    Comment by fareez_308 | October 7, 2009 | Reply

  43. Aliran sungai biasanya mengisi zona2 lemah..salah satunya adalah pada patahan/sesar geser….pelurusana sungai bisa di indikasikakan adanya zona patahan..yg memang bnar zona tersebut sangat rawan akan bahaya longsor..namun terlepasdari itu kita manusia tetap berusaha dan beriktiar tuk mengurangi dampak dari bencana alam, baik gempa maupun tanah longsor..

    Comment by zzani | October 8, 2009 | Reply

  44. ehh ada gk wacana tentang gempa bumi

    Comment by rani | October 8, 2009 | Reply

  45. aloooo
    sedih ea ada gempa bumi kayak gini

    Comment by yeniita | October 8, 2009 | Reply

  46. SEMUA HAL YANG TELAH TERJADI DAN YANG AKAN TERJADI MRUPAKAN KEHENDAK ALLAH DAN SUDAH TERTULIS DI INDUK NYA KITAB ALQUR’AN YAKNI DI LAUHFUL MAHFUZ JADI KITA MANUSIA TIDAK DAPAT MENOLAK ATAUPUN MENGHINDAR DARI SEMUA YANG AKAN TERJADI. BENCANA ALAM YANG TERJADI DIBELAHAN DUNIA INI MERUPAKAN AZAB DARI ALLAH BAGI MANUSIA YANG BERBUAT ZOLIM DI MUKA BUMI MILIK ALLAH INI DAN BAGI MANUSIA YANG BERIMAN INI SEMUA MERUPAKAN UJIAN DARI ALLAH SUPAYA KEIMANAN KITA BERTAMBAH TEBAL MAKIN MANTAP AMAL IBADAH KITA UNTUK MENCAPAI TUJUAN HIDUP KITA YAKNI HANYA MENGABDI KEPADA ALLAH.SAYA SANGAT BERHARAP BAGI SEMUA MANUSIA YANG ADA DI MUKA BUMI INI UNTUK SELALU BERBUAT YANG BAIK BAIK SAJA DAN BAGI KAUM MUSLIMIN KHUSUSNYA UNTUK SELALU MENJADI RAHMATAN LIL ALAMIN BAIK ITU PARA PEJABAT YANG LAGI MENJABAT YANG BERPANGKAT DAN JUGA PARA RAKYAT YANG WALAUPUN HIDUP DALAM KEADAAN MELARAT SELALU INGAT AKAN ADANYA HARI KIAMAT SUPAYA HIDUP KITA DIDUNIA INI MENDAPATKAN RAHMAT DARI ALLAH YANG MAHA DAHSYAT AKAN KEBESARAN NYA.

    Comment by M RIZA NURMAN TUSI | October 10, 2009 | Reply

  47. Saya turut berduka cita, di atas musibah ini…semoga kita semua insyaf dan sadar,bahwa kekuasaan Allah itu tiada tandingannya.. Kalau Allah sudah berkehendak tiada siapa yang bisa melawan..

    Di sini juga aku ingin mencari saudaraku yang berada di Padang jalan Jakarta, apakah kabar anda semua?.Kalau anda terbaca tulisan ini tolong hubungi ya,, saya sangat merasa khawatir dengan anda semua.. Saya doakan semoga anda semua dalam keadaan baik-baik saja dan tabah menghadapi cobaan ini.. Amiin…

    Comment by Katmiasyri | October 17, 2009 | Reply

  48. “Saya turut berduka cita atas terjadinya gempa yang ada di Padang.Saya memberi saran kepada semuanya bahwa kita wajib membantu saudara-saudara kita yang ada disana.Saya juga berharap semoga saudara-saudara kita di beri ketabahan dan kekuataan.

    -terima kasih-

    Comment by apriani suryaningsih | October 20, 2009 | Reply

  49. ,,,,saya trut brdka cita ats kjadian gmpa bumi di Padang ,,,,

    ,,,.apapn yang trjadi tlah diatur oleh Allah SWT ,,,,,
    ,,mgkn diblk smua ini ada hkmahnya,,,,,,,,,

    ,,qta hars swlalu brtwakl pada Allah n minta prlindunganNya,,,

    Comment by nieza | October 20, 2009 | Reply

  50. ,,”sya trut brduka cita ats bncna gmpa bumi di padang,,,

    \

    ,,”mgkin bncana ini adl sbuah teguran bgi qta smua ,,, agr qta smua lbh mendktkan diri kpda Allah SWT,,,,,,,,

    ,,,”sabrlah dalam menghadapi cobaan nie,,,,,,,,,,,,,

    Comment by i_Qha | October 20, 2009 | Reply

  51. ,,saya mengharapkan para korban gempa bmi,,bsa lebih tabah dalam menghadapi musibah ini,.,,,,

    ,dekatkanlah diri pada Allah SWT,,n janand upha slat 5 wktu walaupn berduka,,,,tQ

    Comment by ijjah,,, | October 20, 2009 | Reply

  52. .sya turut berduka cita ats kejadian gempa yang melanda n merenggut banyak korban,,,,

    .

    …janandlah kau bersedih,,,,,
    mskipun bncana ini melanda diri u,,,,,
    coz,dblik ksdihan pzti ada
    hkmah nya,,

    ,i luph u FULLLLLLL ,,,,,tQ

    Comment by tembem | October 20, 2009 | Reply

  53. salam..Allahuakbar3x..masyAllah..seperti komen saudara M Riza gempa di padang tu adalah ketentuan Ilahi tuk jadi iktibar bagi kita semua.Iktibar tuk kita lebih waspada kehidupan fana yg mengalpakan ni.Ketentuan yg Dia tentukan tuk mereka yg ingkar di bumi. Nau’zubillah tuk kita yg masih diberi peluang tuk bertaubat sebelum hari yg membinasakan tu datang nanti..Moga dari saat ni kita semua sadar dan akan berusaha tuk jadi manusia yang tidak lagi ingkar tetapi menuruti segala ajaran Islam..aminn

    Comment by Emy | October 20, 2009 | Reply

  54. jadikan pelajaran aja semua musibah yang terjadi di Padang. Gempa Bumi merupakan salah satu peringatan untuk kita semua agar lebih mendekatkan diri pada yang menciptakan dan agar lebih memelihara alam.

    Comment by ika wahyuni | April 8, 2010 | Reply

  55. semoga kesabaran selalu selalu tertanam di hati’

    Comment by ema zamily | January 28, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: