GEO Wacana

Ngangsuh Kaweruh

MENGENAL LEBIH DEKAT CIRI-CIRI METEOR IMPACT

deadlyimpact.jpgAda beberapa tempat di bumi yang kita pijak ini terdapat bentuk-bentuk geologi yang diperkirakan terbentuk akibat adanya tumbukan meteorit atau komet dengan muka bumi. Perkiraan adanya tumbukan tersebut bukan hanya karena adanya bentuk depresi atau cekungan yang berbentuk bulat melainkan ada beberapa kriteria yang bisa dipakai untuk menentukan apakah bentuk-bentuk geologi yang kita perkirakan tersebut memang terbentuk akibat tumbukan atau tidak.

chicxulub.jpgSedikitnya ada tiga kriteria yang bisa kita pergunakan yaitu pengamatan secara MEGASKOPIK, MAKROSKOPIK, dan MIKROSKOPIK. Pengamatan megaskopik maksudnya adalah pengamatan yang dilakukan dalam skala yang sangat besar seperti misalnya pengamatan foto satelit. Pengamatan ini dilakukan karena besarnya cakupan area yang akan kita lihat sehingga pengamatan dengan mata saja tidak bisa terlihat dengan jelas.  Pengamatan makroskopik adalah pengamatan dengan menggunakan mata saja. Ini dikarenakan mata kita juga mampu melihat dengan jelas benda-benda yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Terakhir adalah pengamatan mikroskopik. Pengamatan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan alat bantu yang disebut mikroskop. Benda tersebut diperlukan karena besar obyek yang perlu kita amati terlalu kecil sehingga tidak mampu dilihat hanya dengan menggunakan mata telanjang saja.

Dari ketiga jenis pengamatan tersebut di atas, beberapa kriteria di bawah ini dipakai untuk menentukan apakah benar bentuk-bentuk geologi tertentu termasuk dalam meteor impact. Beberapa kriteria tersebut adalah:

  • Adanya bentuk kerucut yang telah rusak (shatter cones). Ini bisa dilihat dengan pengamatan makroskopik.

schematic_chicxulub.jpg

  • Adanya bentuk-bentuk deformasi yang planar (planar deformation features) pada beberapa mineral (terutama kuarsa) yang terdapat dalam batuan sekitarnya.. Ini perlu pengamatan mikroskopik dengan menggunakan mikroskop.

quartz_chicxulub.jpg

  • Adanya mineral yang terbentuk akibat tekanan yang tinggi (efek dari impact).
  • Morphometri atau ukuran dari bentuk struktur yang diduga terbentuk akibat proses impact atau tumbukan. Ini dilakukan melalui pengamatan megaskopik sehingga diperlukan data-data yang mempunyai skala cukup besar seperti foto satelit, foto udara, citra landsat dan sebagainya. Pengamatan tersebut banyak dipengaruhi oleh proses-proses pelapukan, erosi, bahkan proses penimbunan dan tektonik yang bisa merusak bentuk awal dari suatu morfologi. Selain itu beberapa bentuk di bumi juga mempunyai persamaan dengan bentuk yang disebabkan meteor impact seperti misalnya kawah yang tertimbun dan kubah garam.

craterdimension_space.jpg

  • Adanya breksi yang berasosiasi dengan leburan yang berlembar (melt sheet) dan atau leburan yang tegak (melt dikes) yang semuanya itu terbentuk akibat impact. Terbentuknya breksi tersebut akibat tumbukan yang sangat kuat dengan kecepatan yang sangat tinggi dari meteorit atau komet sehingga mampu menghancurkan lapisan batuan yang telah ada. Pengamatan ini biasanya dilakukan secara megaskopik. Biasanya breksi tersebut berasosiasi dengan struktur impact yang berbentuk radial dam membentul sistem patahan yang konsentrik. 

breccia_chicxulub.jpg

Berdasarkan kriteria di atas maka kita bisa lebih yakin lagi dalam menentukan apakah bentuk yang terdapat di muka bumi adalah bentuk akibat meteor impact atau tidak. Dari kelima kriteria diatas, kriteria kesatu sampai ketiga sangatlah mutlak karena ketiga-tiganya berasosiasi dengan proses tumbukan dari meteorit atau komet. Sedangkan kriteria keempat dan kelima sedikit lebih susah diterapkan karena tidak hanya meteor impact yang bisa memberikan hasil seperti diuraikan di atas akan tetapi ada proses-proses lain yang juga bisa menghasilkan produk yang sama. Oleh karena itu kedua kriteria tersebut dipergunakan untuk menguatkan interpretasi kita.

seismic_british.jpgUntuk struktur yang terpendam di bawah permukaan dan tidak bisa dilakukan pengamatan megaskopik maka perlu dilakukan pengeboran untuk bisa melakukan pengamatan mikroskopik dari contoh batuan dan mineral. Penggunaan seismik data atau gravity data dalam teknik geofisika juga diharapkan mampu memberikan penilaian yang bisa membantu interpretasi kita.  

Referensi :

About these ads

November 24, 2006 - Posted by | GeO

7 Comments »

  1. nice post pak, sekalean mau kenalan, abis blogwalking dapet blognya bapak. keep post pak!!!!

    Comment by restoe | November 28, 2006 | Reply

  2. terima kasih. Insya Allah tetap posting…..

    Comment by doddys | November 28, 2006 | Reply

  3. blm sempet baca! seneng aja kalo bener ini blog-nya sodara kembar sayah! hahahaha :)

    Comment by dodY; sodara kembar | December 1, 2006 | Reply

  4. Bapak, klo da yang baru posting lg ya pak…
    kebetulan saya juga sekarang kuliah di bidang geofisika,so asik aja liat n baca-bacanya..
    salam kenal…

    Comment by Arief | February 25, 2007 | Reply

  5. Insya Allah tetap posting Mas Arief. Jadi stay tune aja ya…syukur-syukur kalo bisa kasih tahu teman-teman Mas Arief jadi bisa sharing dengan yang lain. Prinsip saya selama masih bisa sharing dengan yang lain kenapa tidak (ini gara-gara ngga jadi dosen hehehehe).
    Btw, dulu saya kuliah di geologi tapi sekarang kerjanya ya geophysicist ya geologist tergantung kebutuhan hehehe.

    Comment by doddys | February 26, 2007 | Reply

  6. Salam kenal pak Doddy,
    Kebetulan beberapa hari ini saya dan anak saya iseng surfing google earth untuk mencari astroblem crater di kepulauan kita. Kami menemukan beberapa dan penasaran sekali ingin bertanya kepada yang ahli. Mohon kiranya bapak bisa membuka blog kami untuk melihat “astroblem” yang kami maksud. Kira kira itu benar apa tidak. terima kasih

    Comment by datyo | March 28, 2008 | Reply

  7. kok ndak lengkap ……..

    Comment by erna celaloe degell | February 1, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: